PRODI ILMU HADIS IAIN KEDIRI SELENGGARAKAN PELATIHAN DIGITALISASI HADIS

Sebagai bagian dari usaha meningkatkan kemampuan mahasiswa/i dalam bidang integrasi kajian Hadis dan IT, Program Studi Ilmu Hadis menyelenggarakan Pelatihan Digitalisasi Hadis. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu, 26 Agustus 2020 hingga Kamis, 27 Agustus 2020 dimulai jam 09.00 pagi hingga 16.00. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kaprodi Ilmu Hadis, Dr.Hj.Umi Hanik, M.Ag yang memberikan laporan terkait kegiatan Pelatihan Digitalisasi ini, dan dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Moh. Asror Yusuf, M.Ag.

Pelatihan digitalisasi dibagi kedalam dua tema besar: Digitalisasi hadis berbasis android dan Digitalisasi Hadis berbasis Web. Hari pertama tema digitalisasi web disampaikan oleh Kandidat Doktor Ibnu Hajar Ansori, M.Th.I yang membawakan materi tentang Inventarisasi data, manajemen konten dengan cms PKH, desain logo aplikasi, bundling cms ke apk , dan yang terakhir instalasi apk. Beberapa hari sebelumnya, narasumber telah memberikan arahan agar sebelumnya menyiapkan konten yang berisikan kajian hadis tahlili. Masing-masing mahasiswa/I diminta memilih satu tema beserta satu hadis yang akan dikaji, hasil takhrij, penilaian kuantitas dan kualitas hadis , inerpretasi tekstual, interpretasi intertekstual, dan interpretasi kontekstual. Di akhir kegiatan, salah satu mahasiswi berhasil menyelesaikan satu hasil aplikasi kajian konten hadis.
Pada hari kedua, materi disampaikan oleh M.Fatkhoni Rokhman, M.Kom. Beliau adalah dosen di Program Studi Sistem Informasi Universitas Maarif Hasyim Latif. Sejumlah materi yang disampaikannya antara lain: pengenalan website, content management system,/knowledge sharing system, praktik CMS localhost, praktik CMS WordPress dan optimisasi wordpress. Berbeda dengan materi pada sesi sebelumnya, pada materi ini mahasiswa/I diharapkan menguasai cara bagaimana cara membuat perpustakaan hadis dalam bentuk website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *