IAIN Kediri Raih Juara Harapan 1 LKTI Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Tingkat Jawa Timur di UINSA

Surabaya, 13 Februari 2020 | Tim Mahasiswa IAIN Kediri diketuai oleh Roudlatunnasikah, dengan anggota Nur Afifah Mauliddyah berhasil meraih juara harapan ke-1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Sunan Ampel Surabaya. LKTI tersebut mengusung tema “Kontekstualisasi Ayat Al-Qur’an dalam Rangka Menjawab Problematika Umat di Era Disrupsi”, diikuti oleh 61 tim yang mewakili Perguruan Tinggi dari Jawa Timur. Dari jumlah tersebut, tersaring 10 tim yang berkompetisi pada babak final untuk kemudian dipilih empat tim terbaik berdasarkan penilaian dewan juri.
Ditemui di kampusnya, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, Nasikah mengemukakan bahwa pelaksanaan LKTI ini dibagi dalam tiga tahap yaitu pengumpulan abstrak, pengumpulan full paper, dan selanjutnya diambil 10 paper yang dinilai terbaik untuk melaju ke tahap ketiga yakni babak final. Dalam babak final, hasil penelitian dipresentasikan pada tanggal 13 Februari 2020 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Nasikah bersama timnya memilih subtema terkait dengan ekologi dalam penulisan paper tersebut. Judul yang dipilih untuk paper tersebut adalah “Sarkastime dan Penanggulangannya dalam Perspektif al-Qur’an)”.
Berdasarkan penilaian dewan juri, akhirnya diputuskan IAIN Kediri sebagai tim terbaik keempat, setelah Universitas Negeri Malang sebagai juara pertama, kemudian Universitas Jember sebagai juara kedua, dan Universitas Negeri Malang lagi sebagai juara ketiga. Hal tersebut tak luput dari bimbingan Ustadz Duwi Hariono, S.Th.I., M.Si, sebagai salah satu dosen Prodi Ilmu Hadis. Prestasi tersebut diharapkan menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi mahasiswa Ilmu Hadis Khususnya dan mahasiswa IAIN Kediri pada umumnya agar terus berprestasi dan berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *